Minggu, 19 Juni 2011

Valuta Asing (Landasan Perdagangan Internasional)

Nama : Ernhis Purnama Silalahi
Nim : 200721009
Program studi : Sosek Pertanian

Soal :

1. Jelaskan pasar valuta asing?
2. Jelaskan permintaan dan penawaran valuta asing?
3. Jelaskan harga keseimbangan valuta asing?
4. Dimana sajakah penawaran valuta asing terjadi?
5. Bagaimana spekulasi penawaran valuta asing memanfaatkan keadaan kebijakan Pemerintah dalam hal kurs mata uang (devaluasi untuk memperoleh keuntungan)?

Jawab :
1. Pasar valuta asing adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam transaksi penukaran mata uang. Pasar valuta asing pada prinsipnya tidak berbeda dengan pasar komoditi, jadi dalam hal ini uang (valuta asing) dianggap sebagai komoditi. Pasar valuta asing berfungsi sebagai : mempermudah pertukaran valuta asing serta pemindahan dana, memudahkan pelaksanaan kontrak/perjanjian jual beli, dan mengurangi resiko kerugian karena terjadinya perubahan nilai tukar (hedging).

2. Seperti halnya prinsip ekonomi pada komoditi/barang, permintaan valuta asing adalah jumlah valuta asing yang diminta mempunyai hubungan yang berbalikan dengan harga valuta asing (kurs), sedangkan penawaran valuta asing adalah jumlah valuta asing yang ditawarkan mempunyai hubungan searah dengan harga valuta asing (kurs).

3. Harga keseimbangan (kurs keseimbangan) adalah kurs dimana jumlah valuta asing yang diminta sama dengan jumlah valuta asing yang ditawarkan.

4. Penawaran valuta asing terjadi jika harga valuta asing (kurs) itu tinggi.

5. Devaluasi adalah kebijakan Pemerintah menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing. Hal ini berarti harga valuta asing tinggi di dalam negeri rendah maka penawaran valuta asing menjadi rendah.

--God bless--

1 komentar:

  1. Sesama Bloger Manokwari Kita Harus Saling Mengenal Dan Saling Suport
    Dan saling berbagi Pengetahuan Tentang Dunia Bloger...
    Gabung Sekarang Di https://www.facebook.com/groups/Tanda.tanya99/ ataw https://www.facebook.com/pages/Tanda-Tanya-Fans-Club/179366472094140

    BalasHapus